PILIH TEMA SURVEI LOGIN RESPONDEN

Tarik Minat Jokowi, Ini Cara Bedakan Porang dan Umbi Sejenis Lainnya

Tarik Minat Jokowi, Ini Cara Bedakan Porang dan Umbi Sejenis Lainnya
KitaSurvei.id -

Tanaman Porang saat ini merupakan salah satu tanaman yang sedang mendapat perhatian dari pemerintah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat potensi ekonomi dari komoditas porang dan meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serius mengembangkan komoditas tersebut karena diprediksi akan menjadi makanan sehat masa depan.

"Tadi saya sudah sampaikan ke Mentan untuk betul-betul kita seriusi komoditas baru ini, porang," ujarnya saat meninjau fasilitas pabrik pengolahan porang di Madiun yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (19/8).

1.3 - Tarik Minat Jokowi, Ini Cara Bedakan Porang dan Umbi Sejenis Lainnya

Predisen Joko Widodo tengah meninjau lokasi budidaya tanaman porang di lampung

Jokowi juga berharap Indonesia bisa menjadi eksportir porang dalam bentuk setengah jadi atau jadi, bukan mentah. Misalnya, tepung dan beras berbahan dasar porang.

Tanaman porang kini makin populer dibudidayakan masyarakat lantaran nilai ekonomis tinggi dan manfaatnya bagi kesehatan. Selain porang atau iles-iles, ada pula umbi-umbian sejenis lainnya yang mirip. Adalah tanaman suweg dan walur yang memiliki kemiripan dan juga dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

1.5 - Tarik Minat Jokowi, Ini Cara Bedakan Porang dan Umbi Sejenis Lainnya

Petani sedang memanen Tanaman Porang

Namun, pernahkan Anda mendengar bahwa ketiganya mempunyai karakteristik dan kandungan manfaat yang berbeda? Pada dasarnya, tanaman-tanaman tersebut berasal dari satu famili yang sama, yaitu Amorphophallus.

Bahkan, terdapat 200 spesies tanaman Amorphophallus. Akan tetapi, Guru Besar sekaligus Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Edi Santosa S.P, M.Si mengatakan, dari ratusan spesies tersebut, hanya tiga jenis yang bisa dikomersialkan alias memiliki nilai ekonomi tinggi.

Jenis tersebut adalah Amorphophallus konjac, A. paeoniifolius (suweg), dan A. muelleri (porang atau iles-iles). Bahkan, porang berbeda dengan acung (A. variabilis). Di Indonesia, yang paling banyak berkembang hanya ada dua, yaitu A. paeoniifolius dan A. muelleri.

1.9 - Tarik Minat Jokowi, Ini Cara Bedakan Porang dan Umbi Sejenis Lainnya

"Nah, porang yang sekarang ramai itu, sama dengan Iles-iles, tapi memang berbeda dengan suweg dan acung," kata Edi kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2021). Dikutip dari Kompas.com, simak beberapa perbedaan porang dengan jenis umbi-umbian lainnya agar Anda tidak keliru membudidayakannya:

 
Halaman Selanjutnya
Halaman123