PILIH TEMA SURVEI LOGIN RESPONDEN

Logo Halal Terbaru Mirip Gunungan Wayang, Ini Makna Filosofinya

Logo Halal Terbaru Mirip Gunungan Wayang, Ini Makna Filosofinya
KitaSurvei.id -

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan logo halal baru mirip gunungan wayang menggantikan logo yang diberikan MUI Majelis Ulama Indonesia (MUI), Penetapan logo halal baru ini berdasarkan Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal.

Surat Keputusan ditetapkan di Jakarta pada 10 Februari 2022, ditandatangani oleh Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham dan berlaku efektif terhitung sejak 1 Maret 2022.

Label baru ini memiliki bentuk gunungan dan motif surjan. Kemenag menyebut bentuk dan corak seperti artefak budaya dengan ciri khas yang unik dan berkarakter kuat untuk merepresentasikan halal Indonesia.

"Bentuk Label Halal Indonesia terdiri atas dua objek, yaitu bentuk gunungan dan motif surjan atau Lurik Gunungan pada wayang kulit yang berbentuk limas, lancip ke atas. Ini melambangkan kehidupan manusia," kata Kepala BPJPH Aqil Irham dalam keterangan tertulis, Minggu (13/3).

Logo berbentuk gunung itu memuat kaligrafi huruf arab yang terdiri dari Ḥa, Lam Alif, dan Lam dalam satu rangkaian yang membentuk kata Halal.

Aqil berujar bentuk gunungan mengandung filosofi tersendiri, yakni menggambarkan semakin tinggi ilmu dan semakin tua usia, maka manusia harus semakin dekat dengan Sang Pencipta.

Sedangkan motif surjan mengandung makna filosofi yang cukup dalam. Di antaranya bagian leher baju surjan memiliki kancing 3 pasang (6 biji kancing) yang seluruhnya menggambarkan rukun iman.

Selain itu, kata Aqil, motif surjan yang sejajar satu sama lain mengandung makna sebagai pemberi batas yang jelas.

Source : CNN Indonesia