PILIH TEMA SURVEI LOGIN RESPONDEN

Gudeg Makanan Khas Yogyakarta

Gudeg Makanan Khas Yogyakarta
KitaSurvei.id -

Gudeg adalah makanan khas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

Gudeg terbuat dari nangka muda mentah (Jawa: gori) direbus selama beberapa jam dengan gula aren, dan santan rempah-rempah tambahan termasuk bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, dan daun jati, yang memberikan warna coklat kemerahan ke masakan.

Dengan berbagai campuran bumbu tersebut, gudeg menjadi terasa manis dilidah dan memiliki rasa yang khas dan enak sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya. Hal ini sering digambarkan sebagai nangka hijau rebus yang manis.

1.3 - Gudeg Makanan Khas YogyakartaIlustrasi Gudeg Makanan Khas Kota Yogyakarta

Disajikan apa adanya, gudeg dapat dianggap sebagai makanan vegetarian, karena hanya terdiri dari nangka mentah dan santan namun, gudeg umumnya disajikan dengan telur atau ayam.

Gudeg disajikan dengan nasi kukus putih, ayam baik sebagai opor ayam atau ayam goreng, telur pindang, opor telur atau telur sekadar rebus, tahu dan atau tempe, dan sambel goreng krecek sup yang terbuat dari kulit sapi renyah.

Ternyata Jogja juga memiliki beberapa varian gudeg lain yang tak kalah lezat. Bahan utamanya juga tak melulu terbuat dari nangka muda, lho.

varian dari gudeg dibawah ini:

Gudeg basah

Gudeg basah merupakan jenis gudeg yang paling populer dan mudah dijumpai di Jogja. Seperti umumnya gudeg, varian ini terdiri dari gudeg nangka yang disajikan bersama berbagai lauk pelengkap seperti ayam, telur pindang, krecek, lalu disiram sejenis kuah kental berwarna putih kekuningan.

Kuah dari areh atau kepala santan bertekstur kental dan sedikit berminyak inilah yang menghasilkan kesan basah pada sajian gudeg, selain disajikan bersama nasi hangat, gudeg basah biasanya cocok disajikan bersama bubur hangat.

Gudeg kering

Kebalikan dari gudeg basah, sesuai namanya, gudeg kering memang disajikan dalam keadaan kering tanpa tambahan areh kental. Selain itu, ciri khas gudeg kering adalah cita rasa manisnya yang kuat dengan tekstur nangka yang lebih kesat.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman12