PILIH TEMA SURVEI LOGIN RESPONDEN

Elektabilitas Anies Ganjar Meroket, Survei IPO dan Charta Politica

Elektabilitas Anies Ganjar Meroket, Survei IPO dan Charta Politica
KitaSurvei.id -

Sejak dini beberapa Lembaga Survei di Indonesia tengah berlomba melakukan penjajakan angka elektabilitas terhadap beberapa nama yang dianggap memiliki peluang untuk menjadi pemimpin di Indonesia, Anis Ganjar menempati posisi teratas.

Diantaranya adalah Lembaga Survei Indonesian Political Opinion (IPO) dan Charta Politika merilis survei elektabilitas calon presiden (capres) potensial di Pilpres 2024.

Hasilnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saling salip di posisi teratas.

Kedua lembaga survei ini menerapkan metode serupa yakni metode multistage random sampling.

Tak hanya itu, kedua lembaga survei tersebut juga menggunakan jumlah responden yang sama yakni 1.200 orang di seluruh Indonesia.

Kemudian margin of error keduanya hanya berbeda tipis yakni 2,83 persen pada survei Charta Politika dan 2,50 persen pada survei IPO.

perlu diketahui bahwa Survei keduanya berada pada tingkat kepercayaan di atas 95 persen.

Kendati demikian, kedua survei menghasilkan elektabilitas yang cukup berbeda jauh.

Pada survei Charta Politika menempatkan Ganjar Pranowo di posisi teratas dengan elektabilitas 20,6 persen dan diikuti Anies di posisi kedua dengan 17,8 persen sedangkan pada survei IPO posisi teratas diisi oleh Anies Baswedan dengan 18,7 persen lalu diikuti Ganjar Pranowo pada posisi kedua dengan 16,5 persen.

Perbedaan hasil survei juga terlihat pada elektabilitas Ridwan Kamil , pada survei Charta Politika, Ridwan Kamil berada di posisi kelima, jauh di bawah Anies, dengan 7,2 persen.

1.10 - Elektabilitas Anies Ganjar Meroket, Survei IPO dan Charta Politica

Kebersamaan Anis-Ganjar-Ridwan

 
Halaman Selanjutnya
Halaman12