PILIH TEMA SURVEI LOGIN RESPONDEN

Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Alami Memperbaikinya

Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Alami Memperbaikinya
KitaSurvei.id -

Skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang berfungsi untuk melindungi kulit agar tetap sehat dan lembap.

Kulit ini berada di atas dermis dan menutupi bagian layaknya otot, arteri, dan lainnya. Bagian yang disebut dengan epidermis ini pun dapat divisualisasikan layaknya tembok pelindung.

Tembok ini terdiri dari lipid matrix dan sel kulit. Saat lipid matrix yang digambarkan layaknya semen pada tembok melemah, maka bisa terjadi retakan dan celah.

1.4 - Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Alami Memperbaikinya

Ilustrasi skin barrier rusak

Kondisi inilah yang disebut dengan kerusakan pada skin barrier. Penyebabnya dikarenakan oleh lingkungan, terkena sinar matahari, over-exfoliating, atau faktor genetik. Bila skin barrier telah rusak, itu artinya kulit akan lebih mudah sensitif dan rentan akan iritasi.

Tanda Kerusakan Skin Barrier

1. Terjadi Peradangan Kulit

Ciri utama skin barrier yang rusak adalah iritasi kulit yang membuat warna kulit menjadi kemerahan. Kondisi ini akan menyebabkan berbagai risiko masalah pada kulit seperti munculnya ruam, kulit mengelupas, kulit terasa panas, hingga merasakan sensasi gatal-gatal.

2. Kulit Menjadi Kusam dan Kering

Kulit kering, kusam, bahkan bersisik juga disebut sebagai salah satu tanda skin barrier telah rusak. Hal ini terjadi karena menurunnya kadar kelembapan pada kulit yang disebabkan pelindung kulit tak lagi berfungsi maksimal untuk menangkal bakteri penyebab radikal bebas, sengatan sinar matahari, hingga melakukan regenerasi sel kulit.

3. Munculnya Jerawat

 
Halaman Selanjutnya
Halaman123