PILIH TEMA SURVEI LOGIN RESPONDEN

Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan jadi Lebih Baik

Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan jadi Lebih Baik
KitaSurvei.id -

Pola tidur atau kebiasaan dalam hal tidur, sangat memengaruhi jam biologis, yakni yang mengatur kita terjaga dan tidur selama 24 jam, perubahan pada pola tidur ini biasanya terjadi karena Anda terjaga lebih lama di malam hari atau begadang.

Hal tersebut berdampak pada kebiasaan tidur dan pergeseran jam biologis, sehingga menyebabkan jam tidur berubah dan jadi berantakan, dalam jangka pendek, efeknya memang berupa mengantuk dan sulit konsentrasi.

Namun, dalam jangka panjang, Anda bisa menyebabkan kurang tidur dan tubuh tidak bekerja secara optimal, m elansir situs National Health Service, efek negatif dari pola tidur yang buruk adalah bisa melemahkan sistem imun, menaikkan berat badan, menurunkan kesehatan fungsi seksual dan mental, serta menaikkan risiko penyakit kronis.

1.4 - Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan jadi Lebih Baik

Coba Anda evaluasi kembali, apakah pola tidur Anda itu baik atau buruk? Jika tidak, ikuti beberapa tips berikut ini untuk memperbaikinya.

Perhatikan makanan dan minuman sebelum tidur

Selain konsisten terhadap rutinitas, Anda yang ingin mengubah pola tidur jadi lebih baik, perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur, p asalnya, jenis makanan dan minuman tertentu bisa menghambat Anda tidur lebih awal atau mengganggu Anda tidur nyenyak.

Berikut ini deretan makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari sebelum tidur.

  • Teh, kopi, minuman bersoda, atau minuman berenergi yang mengandung kafein dan membuat Anda terus buang air kecil.
  • Alkohol yang bisa menganggu proses tubuh untuk tidur lebih nyenyak.
  • Makanan asam dan pedas yang membuat Anda sakit perut.
  • Sebaiknya, pilih minum air putih di malam hari akan tetapi, jangan lakukan ini tepat sebelum Anda beranjak ke kasur.
  • Anda juga bisa memilih buah, segelas susu hangat, atau yogurt.

Ciptakan lingkungan ruang tidur yang nyaman

Langkah selanjutnya untuk menerapkan pola tidur yang baik adalah menciptakan ruang tidur yang nyaman, caranya:

  1. Kurangi atau hilangkan kebisingan baik dari dalam maupun luar lingkungan rumah.
  2. Hindari suara berulang seperti suara mesin dari kipas angin.
  3. Jika tidak dapat meminimalisir sumber kebisingan, gunakanlah alat bantu seperti earplug untuk tidur.
  4. Atur suhu ruangan tetap sejuk, terlalu panas atau terlalu dingin akan mempengaruhi kualitas tidur anda, usahakan suhu ruangan tidur sekitar 18° Celcius.

Pastikan Anda tertidur dengan posisi yang nyaman dengan peralatan tidur yang mendukung, seperti bantal dan selimut yang bersih.

Atur pencahayaan kamar

  • Jam biologis tubuh mudah terpengaruh oleh stimulus cahaya, jika Anda ingin memperbaiki pola tidur yang buruk jadi lebih baik, cobalah kurangi paparan cahaya pada malam hari yang berasal dari lampu maupun monitor komputer.
  • Pada pagi hari, buatlah kamar Anda terisi dengan cahaya baik cahaya matahari maupun cahaya lampu. Kamar yang terang akan memudahkan seseorang untuk terbangun.
  • Atur jadwal yang tepat untuk aktivitas fisik
  • Pola tidur yang baik bisa Anda dapatkan jika rutin berolahraga, aktivitas fisik ini bisa membantu mengurangi stres dengan membuat suasana hati Anda jadi lebih baik.
  • Apabila Anda memiliki kebiasaan berolahraga, lakukanlah aktivitas tersebut secara teratur dan usahakan pada pagi hari.
  • Jika tidak Anda lakukan pada pagi hari, sebaiknya lakukan sekitar 4-5 jam sebelum tidur, berikan waktu sekitar satu jam untuk relaksasi dari aktivitas fisik sebelum waktu tidur.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman12